Jumat, 04 November 2011

MODEM

Siapa yang tidak mengenal modem ? kini banyak pemilik komputer yang memiliki modem untuk melakukan koneksi ke internet. Modem adalah kependekan dari modulator/demulator. Cara kerja modem adalah mengonversi sinyal digital menjadi menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
Modem memiliki dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang sudah tertanam di dalam cpu, sedangkan modem eksternal adalah modem yang berada terpisah dari cpu dan bersifat removable dan mobile.
                             
            Sinyal digital adalah sinyal yang hanya memiliki 2 nilai yaitu 1 dan 0, sedangkan sinyal analog adalah sinyal yang nilainya kontinyu seperti sinyal suara.

            Lebih spesifiknya modem penerima rangkaian pulsa biner dari periferal komputer, kemudian memodulasi karateristik  sinyal analog agar dapat disalurkan melalui saluran telepon  atau cable lines. Untuk proses pada modem si penerima, sinyal dimodulasi atau diurai sehingga bisa dibaca oleh komputer.
            Sampai pada tulisan ini dibuat, teknologi transfer data sudah berkembang jauh sampai pada teknologi LTE (Long Term  Evolution) yang mampu mentransfer data sampai 100 Mbps. Di indonesia, Indosat adalah provider pertama yang mencoba teknologi ini.
            Dengan kecepatan yang demikian cepatnya kita dapat melakukan video conference dengan kualitas HD  antar benua.

sumber : Rafiudin, Rahmat. 2003. Panduan Membangun Jaringan Komputer untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...