Jumat, 04 November 2011

Menegetik 10 jari


            Apakah anda termasuk pengguna komputer yang mengetik dengan sebelas jari (telunjuk kiri dan telunjuk kanan) ? apakah anda ingin bisa mengetik denga cepat seperti di film ? di sini akan saya memeberikan tips bagaimana cara mengetik dengan menggunakan 10 jari. Pertama tempatkan jari anda diatas keyboard seperti gambar dibawah ini.


            Ingat ! jari jempol hanya digaunakan untuk menekan tombol spasi.

            Cukup sulit untuk mebiasakan jari menari-nari di atas keyboard, tetapi dengan berlatih makan jari anda akan secara otomatis menekan tombol yang anda pikirkan.
1.      Ketiklah kalimat ini “The quick brown fox jumps over the lazy dog” . Lakukan perlahan tanpa melakukan kesalahan pengetikan dan kesalah dalam penggunaan jari. Hal ini untuk membiasakan jari menekan tombol dengan benar.
2.      Sama seperti langkah pertama, tetapi ulangi kalimat yang diketik sampai 2 atau tiga halaman. Tanpa kesalahan dan usahakan untuk mempercepat  waktu pengetikan
3.      Jika anda sudah cukup lancar dan tidak melakukan kesalahan penggunaan jari, kini saatnya anda mempercepat waktu pengetikan dengan cara berlatih dengan kalimat diatas, ketik sebayang tiga baris dalam satu menit. Jika masih ada kesalahan, ulangi lagi hingga tidak ada kesalahan.

Posisi huruf tidak perlu dihapal, karena ketika anda berlatih seperti di atas otomatis otak anda akan merekam dan menyelaraskan dengan gerakan jari anda. Jika anda terus berlatih, anda akan mampu mengetik sepuluh jari tanpa melihat keyboard.

Ada software bernama radpid typing yang dapat membantu anda belajar mengetik sepuluh jari bernama Rapid Typing. Software ini menggunakan metode game supaya belajar mengetik tidak membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...