Sabtu, 19 November 2011

Cloud Computing ( Komputasi Awan)






Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah sebuah teknologi sistem informasi yang memudahkan client mengakses data secara mobile di mana pun. Komputasi awan dapat menyimpan data, aplikasi, dan lainnya sehingga client tidak perlu menyimpan data ini secara permanen karena bisa di akses kapan saja
Namun sangat disayangkan karena di tanah air belum begitu pesat pertumbuhannya. beberapa faktor menjadi alasan mengapa perusahaan atau organisasi di Indonesia belum percaya kepada sistem ini.

Yang pertama adalah keamanan dari data. Suatu organisasi tidak bisa begitu saja mempercayakan data-data penting yang mereka miliki kepada suatu Cloud Provider. Tetapi hampir setiap penyedia layanan ini menawarkan fasilitas Private Cloud, sehingga client tidak perlu khawatir data yang mereka miliki dapat diakses orang lain.
Kedua adalah sumber daya manusia. staff IT di perusahaan haruslah diberikan pengajaran tentang komputasi awan, supaya mereka dapat mengerti cara pengunaan sistem ini dan dapat menentukan biaya yang coco untuk sebuah perusahaan.
Sebenarnya kita sudah merasakan sistem komputasi awan sejak lama. sebut saja email, email menggunakan sistem yang sama dengan cloud. pengguna email tidak perlu menyimpan email yang masuk ke alamatnya di dalam devicenya sendiri. tetapi ada server yang memiliki storage untuk menyimpan email tersebut dan dapat dibuka kapan saja. perbedaannya dengan cloud adalah penggunaannya yang lebih kompleks seperti penyimpanan database, content dll.


Provider komputasi awan yang sudah banyak dipakai di dunia adalah iCloud milik Apple, Cloud Ubuntu, Cloud HP, dll. 






sumber : dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...