Jumat, 04 November 2011

file sharing linux menggunakan samba

            Agar komputer Linux anda bisa berbagi dengan komputer bersistem operasi Windows, anda harus memiliki Samba di komputer anda. Dengan begini. Anda dapat mengirim, menerima, dan berbagi file atau folder ke komputer lain yang menggunakan sistem operasi windows. Samba trsedia di Ubuntu software center, anda bisa mendownloadnya lalu mengistalnya dikomputer.

1.      Klik kanan pada folder yang akan anda sharing, lalu pilih menu ‘sharing  options’. Beri tanda cek di bagian ‘share name’ di isi dengan nama yang akan muncul pada folder yang dishare,yang biasanya disamakan dengan nama folder semula tapi bisa juga dibedakan.

2.      Comment diisi dengan komentar (bisa apa saja atau bisa dkosongkan). Beri tanda centang pada ketentuan-ketentuan yang dianggap sesuai ‘allow to others to create and delete files in this folder’, dan ‘Guest acces’. Klik share.

3.      Perhatikan folder ‘bukuu’ yang sudah dishare, akan muncul ikon kecil berbentuk tanda panah ke kana dan ke kiri, itu menandakan bahwa folder tersebut sudah bisa diakses oleh pengguna lain. Untuk mengecek hasil sharing pada Ubuntu, buka Nautilus.


4.      Pada side panel sebelah kiri (klik F9 untuk membuka side panel), klik ikon ‘network’, maka hasil sharing akan tampak. Anda juga bisa mengeklik ikon di kiri atas pada nautilus, pada ‘location’ketikkan untuk melihat seluruh sharing pada local network.


s sumber : Susrini, Ni Ketut. 2010. Linux : Untuk Pemula. Jakarta: PT. Grasindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...