Jumat, 04 November 2011

mengatasi sistem linux yang crash

            Secara umum, linux dapat dikatakan OS yang cukup stabil. Meskipun demikian, walaupun sangat jarang, crash atau hang dapat saja terjadi. Namun jangan lantas khawatirjika hal seperti itu terjadi. Sistem masih bisa diselamatkan, untuk kemudian siap mendukung pekerjaan kamu kembali.


            Unix dan Linux mempunyai sifat multi-user. Linux menjalankan aplikasi dengan cara berbeda dengan windows. Ketika suatu aplikasi terkunci, anda dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi tombol CTRL + ESC, dan anda dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah.


1.      Pada sistem yang crash, jika masih memungkinkan kita bisa merestart komputer, caranya tekan CTRL+ ALT + DEL, lalu pilih RESTART


2.      Jika sistem sudah dalam keadaan hang. Anda bisa meng-kill proses yang kira-kira menjadi penyebabnya. Caranya, masuk ke konsol dengan menekan CTRL + ALT + F1. Ketikkan username dan password anda.


3.      Ketik PS AUX | GREP nama_proses_yang _bermasalah. Pada contoh, perintah yang diinputkan adalah PS AUX | GREP FIREFOX untuk mematikan proses browser firefox.


4.      Selanjutnya ketik KILL PID. PID adalah proses ID dari yang akan dimatikan. Dari contoh, PID firefox adalah 7392. Jadi ketik kill 7392 untuk mematikan firefox. Firefox akan langsung menutup, untuk kembali ke mode GUI, tekan CTRL + ALT+ F7.



sumber : Susrini, Ni Ketut. 2010. Linux : Untuk Pemula. Jakarta: PT. Grasindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...