Rabu, 13 April 2011

manusia dan tanggung jawab

pernah mendengar orang berkata "berani berbuat harus berani bertanggung jawab" ? kumpulan kalimat tersebut seolah memperingati kita sebelum berbuat sesuatu hal haruslah memikirkan akibat yang harus kita tanggung. lalu apa sebenernya tanggung jawab ? tanggung jawab adalah perbuatan untuk menanggung semua akibat dari apa yang telah dilakukan sebelumnya. tanggung jawab ini akan di bayar mahal jika apa yang harus ditanggungnya adalah hal yang menyangkut kemaslahatan banyak.

Ketika kita diberi sebuah tanggung jawab, itu merupakan sebuah amanah yang sudah dipercayakan kepada kita maka kita haruslah sepenuh hati,ikhlas dan bertindak layaknya manusia untuk menjalankan tanggung jawab tersebut. contoh ketika kita (laki-laki) sudah berkeluarga, maka keluarga itu adalah amanah yang diberikan kepada kita untuk dihidupi dan dinafkahi, jika kita gagal maka akan semua kegagalan itu akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

tanggung jawab juga butuh pengorbanan, karena dengan pengorbanan akan menjadi penyempurna tanggung jawab tersebut. 

kita mungkin pernah merugikan orang lain dengan tidak sengaja, hingga orang lain menderita. Tetapi yang paling utama adalah kita sadar secara tulus bahwa kita tidak ada hati secara sengaja untuk merugikan orang lain. Selain itu, kita harus berani bertanggung jawab, membantu, dan menghadapi situasi itu sampai tuntas.
Seorang ilmuwan besar Albert Einstein (1879-1955) mengatakan, "The price of greatness is responsibility" (harga sebuah kebesaran ada di tanggung jawab). Mempunyai rasa tanggung jawab adalah mutiara kehidupan. Dengan rasa tanggung jawab yang besar, kita ambil hikmah dan pelajaran pahit, serta tetap berani berjalan ke depan dengan optimis aktif!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...