Rabu, 13 April 2011

Manusia dan Penderitaan

manusia sangat dekat dengan penderitaan. Bagi orang yang beriman, penderitaan yang didapat dianggap sebagai sebua cobaan dari Allah Swt. tetapii bagi yang tidak maka penderitaan dianggap azab dari Allah Swt. tidak masalah beriman atau tidak tetapi setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan.

ada dua macam penderitaan yang dialami manusia, yaitu :
  • penderitaan batin
  • penderitaan fisik
Penderitaan batin adalah penderitaan yang dialami oleh batin,hati atau perasaan manusia, rasa sakit yang dirasakan oleh batin tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. dalam skala kecil, penderitaan jenis ini akan mempengaruhi sedikit banyak tingkah laku si penderita. mulai dari melamun atau menangis.


Penderitaan fisik adalah penderitaan yang dialami oleh raga. contohnya luka luar maupun dalam.


keduanya dapat saling memicu satu sama lain. contoh ketika seseorang sedang stres berat maka mempengaruhi pula fisiknya secara tidak langsung. atau sebaliknya ketika seseorang telah lama mengidap penyakit pasti selama itu pula orang itu memikirkan penyakitnya itu.


Namun dibalik semua penderitaan itu pasti lah ada sebuah hikmah yang dapat kita ambil. ketika kita terpuruk karena suatu permasalahan, menderita memikirkan jalan keluar dari masalah itu, maka kita tidak boleh putus asa. masih ada Allah Swt. yang siap membantu kita dengan cara apapun cepat atau lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...