Senin, 14 Oktober 2013

e-commerce


e-commerce, kependekan dari electronic commerce atau dalam bahasa indonesia berarti "perdagangan elektronik". lalu e-commerce bisa diartikan perdagangan barang-barang elektronik ? bukan. e-commerce berarti melakukan proses perdagangan melalui media elektronik. contohnya seperti memajang produk di dalam web, pembayaran dengan menggunakan transfer, atau manajemen inventori secara otomatis.

e-commerce diperkenalkan pada tahun 1994. pada tanggal 25 oktober 1994, provider telekomunikasi AT&T adalah perusahaan pertama yang membayar sebuah web untuk memajanga banner iklan berukuran 468x60. berikut adalah gambar iklan pertama di internet.
awal e-commerce diperkenalkan hanya berfungsi sebagai EDI (Electronic Data Interchange) misalnya pemesanan barang atau invoice secara elektronik. namun sejak munculnya HTTPS, e-commerce bekerja sepenuhnya sebagai media perdagangan seperti proses pembayaran dengan kartu kredit. HTTPS menjanjikan pertukaran data dengan enkripsi sehingga menjaga keamanan data.

e-commerce bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perusahan atau perorangan. yang dibutuhkan dalam e-commerce adalah kejujuran dan konsistensi. karena proses e-commerce yang tidak harus memiliki toko secara fisik, banyak orang melakukan penipuan seperti tidak mengirimkan barang yang sudah dibayar oleh pembeli. penipuan ini tidak hanya dilakukan oleh penjual tapi juga oleh calon pembeli. selain penipuan.

salah satu cyber crime dalam dunia e-commerce adalah credit card fraud atau carding. carding adalah menggunakan kartu kredit orang lain untuk membeli barang secara online tanpa sepengatahuan si pemilik kartu. untuk pencurian data kartu biasanya didapat dari tamu asing yang menginap di hotel, atau bisa dari halaman web palsu (phising). kegiatan carding ini cukup berpengaruh besar di Indonesia pada tahun 2000-an. pada saat itu banyak sekali kasus carding di indonesia sehingga banyak toko online mancanegara yang mem-blacklist Indonesia sebagai negara tujuan untuk pengiriman barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...