Minggu, 17 Maret 2013

merubah DPI imo mars x5( rockchiprk2906 )



pada saat pertama menggunakan imo mars x5 ini, saya merasa ada yang janggal dengan layarnya. pada homescreen terdapat jam analog yang posisinya tidak simetris. jam tersebut tidak bisa di letakkan di posisi tengah layar pada posisi  landscape atau pun protrait, dan ikon-ikon terlihat sangat besar membuat kesan boros tempat. 
hal ini karena resolusi layar imo mars x5 adalah 800 x 480. resolusi ini terbilang kecil jika digunakan pada layar berukuran 7".
agar terlihat lebih ideal, kita bisa memperkecil dpi-nya menggunakan aplikasi LCD Density Modder dengan kondisi imo mars x5 sudah ROOTed ( cara root imo mars x5 - > http://harrisanggara.blogspot.com/2013/03/root-imo-mars-x5-rockchip-rk2906.html ).
kita hitung dulu dpi yang cocok untuk layar imo mars x5 di http://dpi.nu/
pada stock firmware imo mars x5, dpi-nya di set default 160 dpi. padahal seharusnya untuk ukuran layar 800 x 480 idealnya menggunakan 133.28 dpi.
kita bisa saja mengganti dpi-nya sebesar 133 dpi, tetapi stock launcher tidak bisa digunakan, dengan kata lain kita harus menggunakan launcher pihak ketiga.
jika anda ingin tetap menggunakan stock launcher, bisa merubah dpi-nya menjadi 120 dpi yang merupakan salah satu standar dpi untuk layar android. 
screenshoot dibawah ini menggunakan 120 dpi. terlihat lebih kecil tetapi lebih simetris dan tidak aneh. posisi jam analog juga sudah berada tepat di tengah.


dan saya juga menggunakan launcher favorite yaitu smart launcher, karena wallpaper yang saya gunakan tidak terlalu banyak di potong dan terlihat simple.
 

3 komentar:

  1. Gan ane mo tanya nih
    Kmrn kan ane ganti dpi sesuai tutor yang agan tulis
    Cuma ane ganti di 133 dpi. Nah sekarajg launchernya gagal terus gan. Jadi cuma bisa buka setting aja gan
    Gimana benerinnya ya gan..thanks

    BalasHapus
  2. stock launcher memang tidak bisa digunakan pada ukuran dpi yang tidak sesuai standard.
    coba install launcher lain seperti smart launcher melalui adb.
    atau edit file build.prop yang ada di folder /system/ melalui adb, cari baris yg berisi ro.sf.lcd_density, ubah nilainya menjadi 160.

    BalasHapus
  3. ok gan.. dah berhasil,
    thanks atas tutornya

    BalasHapus

Hey,feel free to write your comment on this blog..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...