Sabtu, 08 Juni 2013

Arsitektur Game : Software Real-Time


Kali ini kita memfokuskan bagaimana game dibuat pada masa sekarang. Kita akan memulainya pembelajaran dengan game sebagai software aplikasi real-time, dan kemudian menganalisa tujuan umum dari game tersebut, jadi rangka utama dari blok program dapat diindentifikasi. Blok – blok program ini akan disempurnakan pada tahap selanjutnya. Sebagai tambahan, kita akan fokus pada beberapa konsep manajemen proyek yang secara spesifik menuju kepada pengembangan game. Kita akan belajar tentang tahap – tahap yang berbeda dalam mengembangkan sebuah game, mulai dari perencanaan kode, penjadwalan untuk testing, dan perbaikan (maintenance).  Semua dikumpulkan, sehingga semua poin – poin ini dapat membantu anda mengerti bagaimana sebuah game dibuat.
Real-Time Software
Video game adalah aplikasi software, secara spesifik, video game dimasukkan ke dalam kategori aplikasi software real-time. Klasifikasi ini sangat penting karena kita dapat mengerti bagaimana game berjalan dan mengapa banyak penentuan coding yang dibuat. Bagi yang tidak familiar dengan konsep – konsep ini, saya akan menjelaskan karakteristik dari klasifikasi ini.
Dalam definisi formal, real-time software berarti aplikasi komputer yang memunyai sifat time-critical atau secara umum, aplikasi dimana akuisisi data dan respon harus dilakukan waktu yang singkat. Sebagai contoh, program komputer yang menampilkan informasi tentang kedatangan pesawat pada monitor yang besar pada sebuah airport; beberapa baris dari teks menampilkan  informasi tentang nomer penerbangan, status, waktu mendarat dan seterusnya. Informasi kedatangan ini  hampir tidak mungkin diperkirakan, dan aplikasi harus memproses dan merespon informasi ini pada saat itu juga. Terlebih lagi, informasi yang bergantung pada waktu ini harus segera ditampilkan di layar untuk menghadirkan presentasi secara visual dari data time-dependent. Ini lah yang disebut  software real-time.
Sekarang bayangkan dengan sedikit melibatkan contoh aplikasi software yang didesain untuk membantu mengatur jalur penerbangan. Aplikasi “membaca” keadaan langit dengan menggunakan radar, menampilkan informasi tentang pesawat dan lintasan mereka ke dalam layar, dan memperbolehkan personel yang ada di darat membantu pilot untuk sampai ke tujuan mereka dalam waktu yang tepat dan aman dengan mengirimkan  pesan ke mereka. Lihat lah internal dari sistem ini, anda akan melihat bahwa ini terdiri dari :
Modul yang mengakuisisi data, dalam kasus ini, beberapa  radar.
Modul displaya atau sistem komputasi, yang membantu personel darat memvisualisasikan data.
Modul interaksi untuk mengirim sinyal ke pesawat sehingga mereka tahu yang harus dilakukan.



Semua game sudah pasti harus interaktif, aplikasi real-time. Pemain dapat berkomunikasi dengan dunia dalam game, yang mensimulasikan aktivitas real-time menggunakan komponen software. Musuh yang mengejar kita, elevator yang bergerak naik turun, menampilkan api adalah contoh – contoh dari virtual real time yang dapat ditemukan dalam game. Tetapi ada waktu yang lebih untuk sebuah game dibandingkan dengan  yang ada pikirkan. Game juga termasuk time-constrained; mereka harus menampilkan informasi dalam satu set ( biasanya diatas 25 frame per detik) untuk berjalan mulus. Ini tentu membatasi ruang lingkup dari simulator real-time dan lapisan presentasi dari game. Kita tidak bisa berbuat banyak karena hardware yang digunakan. bagaimanapun, game sedikit mirip dengan sulap. Triknya adalah membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, crafting dunia yang terlihat besar melebihi apa yang hardware berikan melalui presentasi multimedia melebihi apa yang pemain perkirakan.
Sebagai ringkasan, game adalah aplikasi interaktif yang bergantung pada waktu, terdiri dari simulator dunia virtual yang membutuh kan data real-time, modul presentasi untuk menampilkannya, dan mekasnime kontrol untuk player dapat berinteraksi dengan dunia tersebut.
Karena interaksi tersebut berlangsung cepat, terdapat batas terhadap apa yang bisa disimulasikan. Tetapi membuat game adalah mencoba menentang batas itu dan membuat sesuatu melebihi kemampuan platform baik itu dari presentasi dan simulasi. Ini adalah kunci dari pemrograman game.

Selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...